Penyebab Pagar Besi Mudah Berkarat dan Cara Mengatasinya

Mengungkap Penyebab Pagar Besi Mudah Berkarat dan Cara Mengatasinya

Pagar besi adalah salah satu pilihan yang populer untuk melindungi dan membatasi properti. Namun, salah satu masalah umum yang sering dihadapi pemilik pagar besi adalah karat. Karat bisa membuat pagar besi terlihat kusam, merusak penampilan estetik, dan mengurangi umur pakai pagar. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab umum pagar besi mudah berkarat dan memberikan beberapa tips tentang cara mengatasinya.


1. Kelembaban dan Air

Salah satu penyebab utama karat pada pagar besi adalah kelembaban dan air. Pagar besi yang terkena air hujan, kabut, atau punca air lainnya secara terus-menerus cenderung lebih mudah berkarat. Air mengandung oksigen yang berinteraksi dengan besi dan menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan karat. 


Untuk mengatasi masalah ini, pastikan pagar besi Anda terlindungi dari paparan langsung air dan kelembaban berlebih. Anda dapat melapisi pagar dengan cat anti-karat atau melindunginya dengan penutup tahan air saat musim hujan.


2. Kurangnya Pelapisan Pelindung

 pagar besi yang tidak dilapisi pelindung juga rentan terhadap karat. Pelapisan seperti cat anti-karat atau pelapis galvanis membentuk lapisan penghalang antara besi dan elemen-elemen yang dapat menyebabkan korosi. 


Jika pagar besi Anda tidak memiliki lapisan pelindung yang memadai, pertimbangkan untuk mengaplikasikan cat anti-karat secara berkala atau meminta jasa profesional untuk melapisi pagar dengan pelapis galvanis.


3. Kontak Langsung dengan Tanah

Pagar besi yang berada dalam kontak langsung dengan tanah memiliki risiko lebih tinggi untuk berkarat. Tanah mengandung kelembaban yang dapat meresap ke dalam besi dan mempercepat proses korosi. 


Untuk menghindari masalah ini, pastikan pagar besi Anda memiliki fondasi yang cukup tinggi sehingga tidak terendam dalam tanah. Anda juga dapat memasang bahan pelindung seperti papan atau beton di sekitar pagar untuk menghindarkan besi dari kontak langsung dengan tanah.


4. Kurangnya Perawatan Rutin

Pemeliharaan rutin sangat penting untuk menjaga pagar besi tetap bebas dari karat. Jika Anda mengabaikan perawatan rutin, seperti membersihkan pagar secara teratur atau menghapus kotoran dan debu yang menempel, karat dapat berkembang dengan cepat. 


Luangkan waktu setiap beberapa bulan untuk membersihkan pagar besi dengan air dan sikat lembut. Setelah membersihkan, pastikan untuk mengeringkan pagar dengan handuk kering dan mengaplikasikan lapisan pelindung jika diperlukan.


Kesimpulan

Pagar besi yang berkarat dapat mengurangi keindahan dan umur pakai pagar. Namun, dengan memahami penyebab umum karat dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat menjaga pagar besi Anda tetap terlindungi. 


Pastikan untuk melindungi pagar dari kelembaban dan air, melapisi pagar dengan pelapis pelindung, menghindarkan besi dari kontak langsung dengan tanah, dan melakukan perawatan rutin.


 Dengan demikian, Anda dapat mempertahankan pagar besi yang indah dan tahan lama selama bertahun-tahun mendatang.

2 comments for "Penyebab Pagar Besi Mudah Berkarat dan Cara Mengatasinya"

Comment Author Avatar
Apakah perlu banget di bersihkan dahulu pak? Mohon pencerahannya. Karena pagar besi di rumah saya 1 tahun sekali pasti ganti cat baru
Comment Author Avatar
Kami selalu menemukan masalah seperti ini di lapangan pak, solusinya adalah pengecatan ulang, bersihkan dahulu korosi atau karat yang ada pada pagar hingga benar-benar bersih, selanjutnya gunakan cat yang paling bagus.